Inggris Indonesia

Cara Mengubah Bahasa Windows 11 Home Single Language

NgahUlum.com - Windows 11 terdapat beberapa pilihan bahasa yang dapat digunakan. Namun pada umumnya, bahasa bawaan semua Windows menggunakan bahasa English. Apakah bisa mengubah bahasa Windows 11 Home Single Language?

Tentu saja bisa. Terlebih lagi jika kalian ingin mengubahnya ke bahasa Indonesia. Karena tidak semua pengguna mengerti bahasa English. Mungkin akan sedikit bingung ketika ingin melakukan beberapa pengaturan dengan bahasa yang digunakan.

Dikarenakan Windows yang kita gunakan adalah Windows 11 Home Single Language. Artinya hanya ada satu pilihan bahasa yang dapat digunakan tidak dapat menambahkan bahasa baru. Kecuali jika kalian upgrade ke Windows 11 Pro.

Namun jangan khawatir, karena kita masih tetap bisa mengubah bahasa Windows 11 Home Single Language ke bahasa Indonesia. Perlu diketahui juga, tidak semua settings atau aplikasi support dengan bahasa Indonesia.

Cara Mengubah Bahasa Windows 11

Tidak ada perbedaan bagi kalian yang ingin mengubah bahasa bawaan Windows 11 Home Single Language maupun Windows 11 Pro ke bahasa Indonesia atau ke bahasa negara lain. Caranya sama saja, untuk lebih jelasnya simak langkah berikut ini.

  1. Buka Settings (Windows + I)
  2. Lalu pilih Time & language.
  3. Kemudian pilih Laguage & region.
  4. Setelah itu pilih lagi Add a language.
  5. Pada kolom cari ketik bahasa yang ingin ditambahkan. Misal kita ingin menambahkan bahasa Indonesia, jika sudah pilih Next.
  6. Selanjutnya pilih Install, tunggu proses download language pack selesai.
  7. Dengan begitu bahasa Windows 11 kalian akan bertambah, untuk mengaktifkannya kalian perlu memindahkannya ke posisi paling atas.
  8. Caranya klik ikon pada pilihan bahasa Indonesia, lalu pilih Move up. Langkah terakhir restart laptop yang digunakan. Otomatis bahasa yang digunakan sudah menjadi bahasa Indonesia.

Seperti yang sudah admin jelaskan sebelumnya, Windows yang kita gunakan Windows 11 Home Single Language hanya bisa menggunakan satu pilihan bahasa saja. Maka tidak semua pengaturan atau aplikasi full bahasa Indonesia.

Kalian bisa coba buka aplikasi Windows Defender atau IDM yang sudah berubah ke bahasa Indonesia. Untuk aplikasi lainnya, silakan buka satu persatu apakah sudah berubah atau enggak.

Bagi pengguna Windows 11 Pro, sebelum kalian memilih Install centang terlebih dahulu pada bagian Language Pack dan juga Set as my Windows display language.

Baiklah mungkin hanya itu yang bisa admin bagikan pada postingan kali ini, apabila terdapat kekeliruan dengan langkah yang admin berikan. Tulis dikolom komentar agar bisa kita perbaiki bersama.

"Bagian terindah dalm hidup ini saat kita bisa berbagi hal positif, kebaikan dan kebahagiaan dengan orang lain"