Inggris Indonesia

Cara Menambahkan Wifi Manual di HP (Android dan iPhone)

NgahUlum.com - Jaringan yang tersembunyi biasanya pemilik Wifi mengaktifkan fitur Hide SSID untuk alasan keamanan agar tidak mudah terhubung diperangkat lain. Hanya pengguna tertentu yang dapat terhubung ke jaringan Wifi tersebut.

Agar dapat terhubung di perangkat hp, pengguna perlu menambahkan secara manual dengan memasukan informasi yang dibutuhkan. Seperti nama dan password Wifi, jenis keamanan yang digunakan dan mengaktifkan beberapa pengaturan lainnya.

Meskipun menambahkan Wifi manual di perangkat hp bisa dilakukan dengan mudah, tak banyak pengguna mengetahui hal ini karena kurang memahami atau alasan tertentu. Terlebih lagi jika hp yang kalian gunakan belum memiliki fitur scan QR jaringan Wifi.

Cara Menambahkan Wifi Manual di Android

Setiap hp Android memiliki letak menu pengaturan yang berbeda untuk menambahkan Wifi secara manual. Namun pada intinya yang kita butuhkan adalah nama, password, jenis keamanan dan mengaktifkan jaringan tersembunyi/tersamar.

Pembahasan ini admin akan menambahkan Wifi manual di hp Android Samsung, apabila ada sedikit perbedaan disesuaikan saja karena caranya enggak jauh berbeda.

  1. Buka menu pengaturan Wifi di android.
  2. Lalu pilih tambah jaringan.
  3. Selanjutnya isi informasi yang dibutuhkan.
  4. Nama jaringan : nama Wifi.
  5. Pengaman : umumnya menggunakan WPA/WPA2-Personal.
  6. Beberapa merek hp lain seperti Xiaomi menggunakan WPA/WPA2 PSK.
  7. Kata sandi : isi dengan password Wifi.
  8. Setelah itu pilih simpan.
Cara Menambahkan Wifi Manual di Android
Cara Menambahkan Wifi Manual di Android
Cara Menambahkan Wifi Manual di Android

Cara Menambahkan Wifi Manual di iPhone

Terdapat sedikit perbedaan jika kalian menambahkan Wifi manual di iPhone, di mana pada pengaturan Wifi tidak terdapat fitur jaringan tersamar/tersembunyi.

Mesikipun begitu pengguna tetap dapat menambahkan Wifi manual dengan memasukan informasi yang dibutuhkan saja sesuai dengan pengaturan Wifi di iPhone.

  1. Buka menu pengaturan Wifi di iPhone.
  2. Lalu pilih lainnya.
  3. Nama : isi dengan nama Wifi.
  4. Keamanan : gunakan jenis keamanan WPA2/WPA3.
  5. Kata sandi : isi dengan password Wifi.
  6. Setelah itu pilih gabung.
Cara Menambahkan Wifi Manual di iPhone
Cara Menambahkan Wifi Manual di iPhone
Cara Menambahkan Wifi Manual di iPhone

Nama dan password Wifi harus sesuai dengan jaringan Wifi yang akan ditambahkan di hp. Apabila ada sedikit perbedaan terdapat huruf kapital, tanda baca maka jaringan tersebut tidak dapat terhubung.

Lalu bagaimana jika jaringan yang tesembunyi tidak memiliki keamanan password? Kalian juga perlu menambahkan secara manual dengan memasukan SSID/nama Wifi saja dan juga mengakatifkan pilihan jaringan tersamar jika pengaturan tersebut ada di hp kalian.

Sekian pemabahasan kali ini mengenai cara menambahkan Wifi manual di hp Android maupun iPhone. Semoga dengan informasi singkat ini bisa membantu.

"Bagian terindah dalm hidup ini saat kita bisa berbagi hal positif, kebaikan dan kebahagiaan dengan orang lain"