Inggris Indonesia

Cara Ampuh Blokir Nomor Tidak Dikenal, Spam DC Pinjol

NgahUlum.com - Panggilan dari nomor yang tidak dikenal memang sangat mengganggu aktifitas kita sedang bekerja. Terlebih lagi nomor tersebut terus-menerus melakukan panggilan yang enggak pernah kenal waktu.

Sekalinya diangkat malah menawarkan pinjaman online atau pinjol. Terkadang ada juga orang yang enggak bertanggung jawab menggunakan nomor kita sebagai kontak darurat mereka. Apabila si peminjam telat bayar tagihan.

Justru nomor kita jadi sasaran DC Pinjol menagih dengan bahasa yang kurang pantas. Bahkan bahasa hewan sekalipun kadang keluar semua 😁atau kalian sendiri memang sengaja melakukan galbay atau gagal bayar.

Cara Blokir Nomor Tidak Dikenal

Mengatasi spam nomor pinjol sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu install aplikasi, namum cara tersebut kurang efektif. Karena kita enggak tau nomor tersebut diberi nama apa. Dengan aplikasi ini kita bisa tau semuanya.

Bahkan provider sekelas telkomsel aja banyak yang melaporkan sebagai spam. Alhasil pesan yang mereka kirim setiap hari enggak pernah masuk atau muncul di notifikasi layar hp kita.

Aplikasi tersebut adalah Truecaller. Kalau menurut pribadi sih, truecaller salah satu aplikasi terbaik yang mampu mengidentifikasi nomor spam atau bukan. Bahkan ketika ada nomor baru masuk yang melakukan spam, otomatis nomor tersebut diberi nama debt collector.

Bagi yang ingin mencoba aplikasi truecaller untuk blokir nomor yang tidak dikenal, download terlebih dahulu aplikasinya melalui Google Playstore gratis. Untuk cara mengaktifkannya ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Download dan install aplikasi Truecaller.
  2. Buka aplikasi tersebut. Lalu pilih mulai dan izinkan.
  3. Masukan nomor hp yang kalian gunakan. Ikuti langkah hingga hingga proses verifikasi nomor ponsel selesai.
  4. Kemudian buat profil, terserah mau pake yang mana. Google, Facebook atau secara manual. Ikuti langkah hingga masuk ke halaman utama Trucaller.
  5. Cara Ampuh Blokir Nomor Tidak Dikenal
    Cara Ampuh Blokir Nomor Tidak Dikenal
  6. Setelah itu buka menu pengaturan. Bisa juga melalui menu pemblokiran jika kalian berlangganan Gold premium.
  7. Kemudian pilih Blokir dan aktifkan pengaturan sesuai yang kalian inginkan seperti blokir nomor tersembunyi, spammer populer, nomor dari luar negeri dan nomor yang tidak ada di kontak.
Cara Ampuh Blokir Nomor Tidak Dikenal
Cara Ampuh Blokir Nomor Tidak Dikenal
Cara Ampuh Blokir Nomor Tidak Dikenal

Setelah fitur tersebut diaktifkan, secara otomatis aplikasi truecaller akan mengidentifikasi nomor yang tidak dikenal masuk ke hp kalian apakah spam atau bukan. Untuk nomor spam tidak muncul di layar hp kalian langsung masuk ke daftar blokir.

Untuk nomor yang sudah disimpan, kalian tetap bisa menerima panggilan masuk. Sedangkan untuk nomor yang tidak dikenal atau belum kalian simpan bukan melakukan spam, enggak muncul di layar hp saat melakukan panggilan.

Kecuali kalian menonaktifkan pengaturan nomor yang tidak ada di kontak. Langkah di atas admin praktekan pada hp Android, setelah dicoba pasang di iPhone pengaturannya sedikit berbeda.

Nomor spammer tetap masuk artinya aplikasi tersebut tidak berfungsi untuk iPhone. Oke sob mungkin itu saja dulu pembasan kita kali ini mengenai cara blokir nomor yang tidak dikenal. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat.

"Bagian terindah dalm hidup ini saat kita bisa berbagi hal positif, kebaikan dan kebahagiaan dengan orang lain"