Inggris Indonesia

Cara Mengetahui IP Address HP Android dan iPhone

IP Address (Internet Protocol Address) merupakan serangkaian angka unik yang dimiliki setiap perangkat agar dapat saling terhubung satu sama lain dan bertukar data melalui internet.

Dengan mengetahui IP Address, kita dapat membedakan setiap perangkat yang terhubung ke sebuah jaringan. Terlebih lagi jika kalian ingin melakukan blokir perangkat yang terhubung dengan WiFi.

Kalian bisa dengan mudah menambahkan IP Address perangkat ke daftar filter pada pengaturan router. Tujuan ini adalah agar tidak salah dalam melakukan blokir perangkat yang terhubung dengan jaringan WiFi.

Android

Terdapat dua cara mengetahui IP Address di hp android yaitu, melalui pengaturan WiFi dan Tentang Ponsel. Apabila metode yang admin berikan sedikit berbeda dengan perangkat yang kalian gunakan, disesuaikan saja.

Namun pada umumnya, letak menu pengaturan IP address di hp android ada pada pilihan Jaringan dan Internet atau lebih tepatnya pada menu pengaturan WiFi.

Pengaturan WiFi:

  1. Buka menu Pengaturan.
  2. Lalu pilih Jaringan & internet.
  3. Kemudian pilih Wi-Fi.
  4. Pilih jaringan WiFi yang terhubung.
  5. Gulir ke bawah, maka kalian akan menemukan Alamat IP.
cara mengetahui ip address hp android

Tentang Ponsel:

  1. Buka menu Pengaturan.
  2. Scrol ke bawah cari pilihan Tentang telepon/ponsel.
  3. Kemudian pilih Status.
  4. Setelah itu cari pilihan Alamat IP.
cara mengetahui ip address hp android

iPhone

Mengetahui IP address di hp iPhone iOS bukan hanya untuk tujuan informasi semata, tetapi juga dapat membantu dalam memecahkan masalah terkait jaringan dan koneksi internet.

Simak caranya berikut :

  1. Buka menu Pengaturan.
  2. Lalu pilih Wi-Fi.
  3. Pilih jaringan WiFi yang terhubung.
  4. Scroll ke bawah cari pilihan Alamat IP.

cara mengetahui ip address hp iphone

Setelah mengetahui IP Address di hp Android maupun iPhone. Kita sudah dapat melakukan banyak hal. Salah satunya seperti blokir perangkat yang terhubung dengan jaringan WiFi.

Peru diketahui juga, bahwa IP address perangkat dapat dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk memantau aktivitas online kita, bahkan melakukan serangan cyber apabila tidak dijaga dengan baik.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa pengaturan keamanan jaringan dan privasi selalu terjaga, termasuk melalui penggunaan firewall, enkripsi data, dan penggunaan jaringan pribadi virtual (VPN) saat terhubung ke jaringan WiFi publik.

"Bagian terindah dalm hidup ini saat kita bisa berbagi hal positif, kebaikan dan kebahagiaan dengan orang lain"