Inggris Indonesia

Cara Mengetahui IP Address HP (Android dan iPhone)

NgahUlum.com - Jika kalian sedang mencari informasi bagaimana cara mengetahui IP address di perangkat hp untuk blokir pengguna Wifi pada router ZTE atau keperluan lainnya, tepat sekali! karena akan kita bahas pada artikel ini.

Sebagian pengguna mungkin masih ada yang bertanya apa itu IP address dan bagaimana mengetahuinya di perangkat hp Android maupun iPhone? Dikutip dari beberapa sumber yang admin terima, berikut ini penjelasan apa itu IP address.

Internet Protocol Address atau lebih dikenal dengan sebutan IP Address merupakan identitas unik berupa angka yang dimiliki setiap perangkat agar dapat saling terhubung ke sebuah jaringan. IP address sendiri memiliki 4 blok, dan setiap blok memiliki sejumlah angka dari angka 0 hingga 255.

Untuk mengetahui IP address di perangkat hp Android ataupun iPhone, sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk kalian lakukan. Karena bisa diketahui melalui menu pengaturan jaringan yang digunakan, seperti terhubung ke jaringan Wifi.

Cara Mengetahui IP Address Android

Meskipun mengetahui IP address di Android bisa dilakukan dengan mudah, tidak banyak pengguna mengetahui hal ini karena alasan kurang memahami. Namun pada intinya cara yang paling mudah adalah melalui menu pengaturan Wifi.

Selain menggunakan metode tersebut, terdapat cara lain yang bisa kalian ketahui yaitu melalui menu pengaturan tentang ponsel. Dikarenakan setiap ponsel Android memiliki letak menu pengaturan yang berbeda, untuk itu kalian sesuaikan saja.

Berikut ini dua cara mengetahui IP address di hp Android:

Melalui Pengaturan Wifi:
  1. Buka menu Pengaturan di Android.
  2. Lalu pilih Jaringan & internet.
  3. Setelah itu pilih lagi Wi-Fi.
  4. Kemudian pilih jaringan Wifi yang terhubung.
  5. Scroll ke bawah, maka kalian akan menemukan Alamat IP.
Cara Mengetahui IP Address di Android
Cara Mengetahui IP Address di Android
Cara Mengetahui IP Address di Android
Melalui Tentang Ponsel:
  1. Buka menu Pengaturan di HP Android.
  2. Scrol ke bawah cari pilihan Tentang telepon/ponsel.
  3. Kemudian pilih Status.
  4. Setelah itu cari pilihan Alamat IP.
Cara Mengetahui IP Address di Android
Cara Mengetahui IP Address di Android
Cara Mengetahui IP Address di Android

Cara Mengetahui IP Address iPhone

Sama seperti langkah sebelumnya, di mana kalian bisa mengetahui IP Address iPhone melalui menu pengaturan jaringan Wifi juga. Untuk lebih jelasnya simak langkah berikut:

  1. Buka menu Pengaturan di iPhone.
  2. Lalu pilih Wi-Fi.
  3. Pilih jaringan Wifi yang terhubung.
  4. Scroll ke bawah cari pilihan Alamat IP.
Cara Mengetahui IP Address di iPhone
Cara Mengetahui IP Address di iPhone
Cara Mengetahui IP Address di iPhone

Seperti yang sudah admin jelaskan diawal, apabila kalian menemukan artikel ini untuk keperluan blokir pengguna Wifi pada router ZTE. Setelah mengetahui IP Address di perangkat hp yang digunakan.

Langkah selanjutnya agar tidak salah blokir perangkat, yang perlu kalian lakukan adalah mencocokan IP Address perangkat hp yang digunakan dengan IP address yang terhubung dengan Wifi kalian melalui halaman pengaturan router ZTE.

Baiklah sob, mungkin itu saja dulu pembahasan kita kali ini mengenai cara mengetahui IP address perangkat hp Android maupun iPhone. Semoga dengan informasi singkat ini bisa bermanfaat.

"Bagian terindah dalm hidup ini saat kita bisa berbagi hal positif, kebaikan dan kebahagiaan dengan orang lain"