Inggris Indonesia

Cara Menambahkan Wifi Manual di Laptop (Windows)

NgahUlum.com - Bukan hanya di perangkat hp saja kita perlu menambahkan Wifi tersembunyi secara manual, pengguna laptop pun demikian. Dengan memasukan informasi SSID yang diperlukan seperti nama dan password Wifi.

Wifi yang tersembunyi atau hide SSID memang sengaja dilakukan untuk meningkatkan keamanan agar tidak mudah dibobol. Saat pemilik mengaktifkan fitur Hide SSID, nama Wifi mereka tidak muncul didaftar pencarian Wifi tersedia.

Hanya pengguna tertentu yang dapat terhubung ke jaringan tersebut. Meskipun di perangkat hp bisa dilakukan dengan mudah melalui scan barcode jaringan yang terhubung, namun bagi pengguna laptop Windows fitur ini belum tersedia.

Cara Menambahkan Wifi Manual di Laptop

Setiap Windows mungkin ada sedikit perbedaan menambahkan Wifi secara manual, terlebih lagi jika kalian masih menggunakan Windows lawas seperti Windows XP/7/8. Sedangkan bagi pngguna Windows 10/11 caranya sama saja.

Intinya, disaat ingin menambahkan Wifi manual di laptop, kita hanya membutuhkan informasi SSID jaringan yang akan ditambahkan, seperti nama dan password Wifi saja. Untuk lebih jelasnya simak langkah berikut:

  1. Klik ikon Wifi dibagian Taskbar.
  2. Setelah itu klik tanda di samping ikon Wifi.
  3. Kemudian pilih menu Hidden network.
  4. Lalu centang pada pilihan Connect autoatically.
  5. Jika sudah pilih Connect.
  6. Enter the name (SSID) for the network : ketik nama Wifi lalu pilih Next.
  7. Enter the network security key : ketik password Wifi pilih Next.

Lihat tutorial di bawah dalam bentuk video

Selanjutnya tunggu hingga proses menghubungkan ke jaringan Wifi berhasil. Selama proses menghubungkan, jangan keluar dari halaman tersebut, biasanya akan mengalami gagal dan kalian perlu menambahkannya lagi.

Selain itu, kalian juga perlu perhatikan huruf kapital atau tanda baca yang digunakan pada jaringan Wifi tersebut, harus sama persis. Beda satu huruf saja, jaringan Wifi tidak dapat terhubung di laptop kalian.

Itulah tadi tutorial cara menambahkan Wifi manual di laptop Windows, apabila ada perbedaan pada Windows yang kalian gunakan disesuaikan saja. Karena caranya enggak jauh berbeda. Semoga bermanfaat.

"Bagian terindah dalm hidup ini saat kita bisa berbagi hal positif, kebaikan dan kebahagiaan dengan orang lain"