Skip to main content

follow us

Cara Mengatasi Error 7 Saat Flash Custom ROM di TWRP

NgahUlum.com - Semalem coba cek pembaruan system ternyata ROM yang saya gunakan ada pembaruan karena android saya sudah di Unlock Bootloader dan ROOT jadi saya Flash melalui TWRP. Selama saya flash melalui TWRP belum pernah mengalami masalah semua berjalan dengan lancar ternyata pada rom terbaru yang saya gunakan saat flash mengalami erorr 7.
Disini saya menggunakan Android Asus Zenfone Max Pro M1 menggunakan custom rom dari Pixel Experience Android Pie. Penyebabnya kurang begitu tau kerena ini baru pertama kali mengalami masalah error 7 saat flash di twrp.

Penjelasan error 7 flash custum rom di twrp yang saya dapat dari google:
Error 7 pada Custom recovery Android merupakan sebuah peringatan yang diberikan oleh custom recovery dikarenakan ada kesalahan dalam proses penginstalan file (Biasanya file [dot] zip). Error ini muncul karena perbedaan dalam proses pembacaan data antara file BUIL.PROP pada Hp android  dengan informasi pada script updater pada file [dot] zip.

Untuk mengatasi error 7 di twrp saya tidak menggunakan PC untuk mengextract file.zip langsung dari android menggunakan aplikasi ROOT EXPLORER, yang belum punya silahkan download dulu.

Cara Mengatasi Error 7 Saat Flash Custom ROM di TWRP

1. Buka aplikasi Root Explorer cari rom file.zip dimana Anda menyimpannya lalu extract dengan cara tap titik tiga pojok kanan atas lalu pilih Extract All tunggu hingga proses extract selesai lalu pilih GO TO EXTACTED
2. Buka folder custom rom yang telah di extract lalu cari folder META-INF | com | google | android . Di dalam folder android ada dua file, pilih updater-script | Text editor lalu hapus semua script yang saya blok seperti gambar dibawah.
3. Selanjutnya pilih lagi titik tiga pojok kanan atas lalu pilih Save and Exit maka akan ada tiga file, hapus file update-script.bak
4. Kembali lagi sampai ke folder awal custom rom, pilih titik tiga pojok kanan atas lalu pilih Zip this folder. 
5. Letak file yang telah di ZIP tadi ada di memori internal folder SpeedSoftware | Archives. Pindahkan dulu jika ingin factory reset /  format data agar tidak terhapus. Coba flash lagi

Tambahan:
Untuk yang menggunakan PC rename menjadi updater-script.txt hapus script seperti diatas setelah selesai save dan rename kembali menjadi updater-script dan zip lagi folder custom rom.

Itulah cara mengatasi error 7 saat flash di twrp semoga bisa membantu.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar