Inggris Indonesia

Cara Membuat Software Portable

Software portable memang lebih mudah dioperasikan, kita enggak perlu repot untuk menginstallnya terlebih dahulu. Selain itu dapat dipindahkan ke flashdisk atau media penyimpanan lain agar dapat dibuka di komputer lain.

Cara membuatnya juga cukup mudah, kita enggak perlu menggunakan software apapun. Cukup pahami tentang registry dan gunakan aplikasi yang sudah terinstall. Software yang akan admin jadikan portable adalah Power ISO.

Jika kalian ingin membuat software portable dari aplikasi lain, sesuaikan saja dengan langkah yang ada. Caranya pun enggak jauh berbeda. Untuk lebih jelasnya simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Install aplikasi yang akan dibuat portable.
  2. Buat Folder di local disk D.
  3. Kemudian buka Registry (Windows + R).
  4. Ketik Regedit lalu enter.
  5. Cari file registry dari aplikasi Power ISO.
  6. Buka HKEY_CURRENT_USERSoftwarePower ISO → klik kanan pada nama key Power ISO → pilih Export → lalu Save di folder portable.
  7. Selanjutnya buka HKEY_LOCAL_MACHINESoftwarePower ISO → klik kanan pada nama key Power ISO → pilih ExportSave lagi di folder portable.
  8. Copy semua file yang ada di folder Power ISO letaknya di C:\Program Files\PowerISO → lalu Paste ke folder portable.

Untuk memastikan apakah software portable berfungsi dengan baik, uninstall aplikasi yang terinstall dan hapus juga sampah registry menggunakan aplikasi CCleaner atau sejenisnya.

Meskipun aplikasi portabel dapat dibuka melalui perangkat penyimpanan eksternal tanpa instalasi ulang. Beberapa aplikasi mungkin memiliki keterbatasan fungsionalitas ketika dijalankan. Selamat mencoba

"Bagian terindah dalm hidup ini saat kita bisa berbagi hal positif, kebaikan dan kebahagiaan dengan orang lain"