follow us

11 Khasiat Buah Pisang Kepok Bagi Kesehatan

Pisang kepok adalah salah satu jenis pisang berbentuk cukup besar dan gempal, serta mengandung antasida alami yang mampu menetralkan gangguan pencernaan. Pisang ini bermanfaat untuk orang dengan masalah sembelit, sakit maag, ataupun diare. Manis dan creamy menjadikan pisang salah satu buah favorit setiap orang. Buah ini dapat dipanen sepanjang tahun.

Tanaman pisang termasuk dalam family Musaceae. Pisang yang dapat dikonsumsi dan berasa manis termasuk ke dalam spesies Musa sapienta dan Musa nana. Pisang ditemukan pertama kali di Malaysia sekitar 4000tahun yang lalu. Penyebarannya kemudian memasuki Filipina dan India.

Pisang mulai diperjualbelikan di Amerika di awal abad ke 19. Hal ini disebabkan oleh transportasi buah pisang cukup sulit karena mudah hancur dalam pengiriman jarak jauh. Saat ini, pisang tumbuh baik di daerah tropis Amerika seperti Costa Rica, Mexico, Ecuador, dan Brazil.

Kandungan nutrisi dalam setiap 118 gram pisang mengandung 105,02 calories.
1. Vitamin B6 21,5
2. Vitamin C 17,1
3. Mangan 16
4. Serat (fiber) 12,3
5. Kalium 12,1

Tips Memilih
Pisang dipilih sesuai dengan waktu mengonsumsinya. Apabila ingin dikonsumsi pada hari yang sama, pilihlah pisang yang telah matang (bila pisang berwarna kuning, piihlah yang sudah kulitnya berwarna kuning tua). Bagian yang hijau pada pisang kuning menandakan pisang tersebut dalam proses pematangan. Berbeda halnya apabila varietas pisang memang memiliki kulit berwarna hijau seperti pisang ambon.
Rabalah tekstur pisang, bila dipegang dan terasa masih terlalu keras, pisang belum matang. Saat memilih pisang, jauhi pisang yang sudah lembek atau berair. Rabalah dan pilihlah yang sudah sedikit lunak tapi tidak lembek. Biasanya pisang matang memiliki bercak atau garis halus kehitaman pada kulitnya. Pisang yang kulitnya masih mulus menandakan pisang tersebut masih terlalu muda (mentah).

Tips Menyimpan
Pisang yang sudah matang dapat disimpan di dalam lemari pendingin, sedangkan yang belum matang dapat diletakan di ruangan terbuka. Kulit pisang matang yang disimpan dalam lemari pendingin akan berubah menjadi hitam kecoklatan, akan tetapi daging pisang tidak akan terpengaruh (tetap baik). Menyimpan pisang yang belum matang dalam lemari pendingin dapat memperlambat pematangan. Untuk mempercepat pematangan, pisang mentah dapat dibungkus kertas koran atau diletakkan bersamaan dengan buah seperti apel.

Tips Mengolah
Pisang dapat diolah menjadi berbagai macam menu. Dapat digunakan untuk makanan kecil (snack) seperti pisang goreng, keripik pisang, pisang bolen, atau dimakan begitu saja sebagai buah atau campuran hidangan penutup.

Khasiat dan Manfaat Buah Pisang Kepok Untuk Kesehatan :

1. Menyehatkan saluran pencernaan.
Karena mengandung serat, karbohidrat yang membantu mengatur sistem pencernaan tubuh dengan membantu mempertahankan gerakan usus tetap teratur.

2. Mencegah sembelit.
Karena mengandung pectin, yang membantu untuk meningkatkan pencernaan secara keseluruhan.

3. Mencegah kekambuhan penyakit maag.
Karena memiliki efek antacid. Rutin makan pisang juga membantu mengurangi risiko kanker lambung. Jika Anda memiliki masalah pada lambung, cobalah tambahkan pisang ke dalam menu diet Anda, untuk membantu mengatasi masalah pencernaan.

4. Sumber kalium terbaik Makan pisang adalah cara termudah untuk tubuh kita memeroleh kecukupan potasium. Kandungan potasium pada pisang memberikan efek menenangkan pada pikiran yang sedang suntuk.

5. Tingkat stres yang tinggi cenderung akan menguras kadar potasium dalam tubuh manusia. Dengan makan pisang, kita dapat membantu menjaga keseimbangan potasium dalam tubuh yang disebabkan stres.

6. Meningkatkan fungsi ginjal.
Potasium pada pisang memiliki efek samping yang baik bagi ginjal. Ketika tubuh Anda mendapatkan cukup potasium, tubuh akan mengontrol pengeluaran kalsium dalam urin. Kondisi ini akan membuat ginjal Anda tetap berfungsi baik, di samping juga mengurangi risiko batu ginjal. Perlu diketahui bahwa pisang memiliki tingkat senyawa fenolik antioksidan yang tinggi, yang berperan membantu melindungi ginjal.

7. Memperkuat tulang.
Pisang memiliki kandungan prebiotik yang disebut fructooligosaccharide. Fructooligosaccharide memungkinkan tubuh kita untuk menyerap nutrisi lebih mudah. Hal itu berarti bahwa pisang akan membantu tubuh Anda menyerap kalsium, sehingga memberikan Anda dengan tulang yang kuat. Bahkan, kandungan potasium pada pisang dapat membantu mencegah hilangnya kalsium, yang berarti bahwa Anda memiliki risiko lebih rendah untuk terserang osteoporosis di kemudian hari.
8. Menurunkan tekanan darah.
Dokter sering menganjurkan pasien dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) untuk menambahkan lebih banyak pisang kedalam diet mereka. Mengapa? Karena kadar kalium yang tinggi dan sodium yang rendah dalam pisang merupakan kombinasi yang bagus untuk mencegah tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko stroke.

9. Meningkatkan energy.
Pisang kaya kandungan karbohidrat sehat yang berperan membantu meningkatkan energi. Makan pisang saat sarapan atau setelah latihan yang berat dapat menjadi cara terbaik untuk meningkatkan energi tanpa harus mengonsumsi minuman manis.

10. Menyehatkan pengelihatan.
Makan pisang setiap hari dapat memberikan manfaat besar bagi
penglihatan. Makan sedikitnya tiga porsi buah per hari dapat menurunkan resiko gangguan pengelihatan yang terkait dengan usia atau biasa disebut degenerasi makula. Seseorang yang mengonsumsi tiga atau lebih porsi buah per hari 36 persen lebih rendah untuk menderita degenerasi makula daripada mereka yang mengkonsumsi kurang dari 1,5 porsi sehari. Tidak pernah ada kata terlambat untuk mulai mengonsumsi pisang untuk mencegah kehilangan penglihatan lebih lanjut.

11. Memengaruhi mood.
Pisang memiliki triptofan, senyawa asam amino yang membantu tubuh memproduksi serotonin. Neurotransmiter ini membantu Anda untuk merasa tenang dan menstabilkan suasana hati (mood) secara alami.

Itulah ulasan tentang 11 khasiat dan manfaat buah pisang kepok, semoga bisa bermanfaat.

You Might Also Like: