Cara Defrag Otomatis Pada Windows 8/8.1

Defrag Otomatis Windows 8/8.1 - Mengapa defrag hardisk perlu dilakukan? yaitu bermanfaat mengatasi komputer yang lambat. Dikarenakan defrag atau defragmentasi adalah menyusun file yang terpecah atau berantakan lalu menyusunnya dengan rapi. file yang berantakan bisa disebabkan oleh aktifitas hapus file atau folder, install dan uninstall program.

Nah dengan defrag hardisk manfaatnya selain yang saya sebutkan diatas juga akan membuat hardisk menjdai sehat dan berumur panjang. Dengan mengaktifkan fitur ini tentunya kita tidak pelu repot-repot mendefrag secara manual. Berikut Tutorialnya :

Baca Juga Cara Install Net Framework 3.5 Windows 8/8.1 Secara Offline

Cara Mengaktifkan Defrag Otomatis Pada Windows 8/8.1 :

1. Tekan Windows + R pada keyboard lalu muncul sebuah kotak pencarian dan pada kotak pencarian tersebut silahkan ketikan "dfrgui" tanpa tanda petik.
2. Kemudian silahkan klik "Turn On" untuk mengaktifikan defrag otomatis. lihat gambar dibawah ini.

3. Setelah itu centang "Run os a schedule (recommended)" lalu pilih pada "frequency" dengan Daily (harian), Weekly (Mingguan) dan Monthly (Bulanan). silahkan pilih salah satu dari ketiga pilihan defrag tersebut. Kemudian klik Choose untuk memilih drive yang ingin di defrag.

4. Selanjutnya akan muncul drive yang ada pada hardisk komputer anda, silahkan pilih atau centang drive yang ingin di defrag. pada langkah ini anda wajib memilih yang drive C karena drive ini adalah drive yang paling penting, Jika sudah klik Ok.

5. Jika defrag otomatis berhasil diaktifkan maka akan ada pemberiathuan "On" pada Scheduled Optimization.

Dengan begitu anda tidak perlu repot lagi mendefrag hardisk secara manual karena sudah dibuat otomatis, serta defrag akan terjadawal seperti yang anda pilih. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait: