Home » » Cara Menulis Huruf Arab di Microsoft Word Windows 8

Cara Menulis Huruf Arab di Microsoft Word Windows 8

Posted by NgahUlum on Monday, 8 July 2013

.
.

Postingan kali ini admin akan share cara menulis huruf arab di ms word Windows 8, cara ini sangat mudah sebenarnya, tapi bagaimanapun juga biarpun mudah tetap saja susah bagi yang belum mengetahuinya hehe. Cara ini hampir sama pada windows 7 beda dari windows Xp yg memerlukan Cd installasi dan cara ini tanpa memerlukan software yg ribet dan rumit. 

Di windows 8 terdapat banyak pilihan bahasa jadi sobat tinggal pilih saja bahasa mana yg ingin sobat tambahkan. Akan tetapi untuk memunculkan bahasa - bahasa tersebut tidak bisa secara langsung muncul ada caranya. Baiklah berikut tutorial-nya : 
cara menulis huruf arab di ms word windows 8
Menulis Huruf Arab di Ms Word Windows 8

Tutorial Cara Menulis Huruf Arab di Microsoft Word Windows 8

  • Buka Control Panel
  • Pilih Add Language
Cara Menulis Huruf Arab di Microsoft Word Windows 8
  • Lalu klik Add Language untuk menambah Remove untuk menghapus bahasa yg sudah ada
Cara Menulis Huruf Arab di Microsoft Word Windows 8
  • Pilih bahasa yg kita inginkan disana terdapat banyak bahasa yg kita ingin kan tetapi disini saya memilih bahasa Arabic lalu pilih Open
Cara Menulis Huruf Arab di Microsoft Word Windows 8
  • Nah disini sobat tinggal pilih saja Arabic mana yg  ingin sobat pakai saya pakai  Arabic (Saudi Arabia) lalu Add
Cara Menulis Huruf Arab di Microsoft Word Windows 8
  • Setelah dipilih tara bahasa sobat sudah bertambah
Cara Menulis Huruf Arab di Microsoft Word Windows 8
  • Selanjutnya tinggal buka Ms Word, disini saya pake Word 2013 tapi sama kok untuk Word yg 2007 lalu di Taksbar  sebelah kanan bawah ubah bahasa nya dari ENG menjadi Arabic
Cara Menulis Huruf Arab di Microsoft Word Windows 8
  • Untuk menulis dari kiri ke kanan kita tinggal ubah aja Left-to-Right Text Direction menjadi Right-to-Left Text Direction
Cara Menulis Huruf Arab di Microsoft Word Windows 8
  • Eitsss... tapi belom selesai sampai disitu jangan sembarangan ngetik karena bahasa yg sudah kita gunakan bukan memakai abjad lagi a,b,c,d,e,f......dst. sekarang kita sudah memakai huruf hijaiyah ا ب ت ث ..... dst sehingga perlu panduannya. Memang akan bingung untuk yg pertama kalinya, maka dari itu perlu belajar lebih giat lagi ini saya kasih cara supaya  mempermudah kan kita mengetik kita harus menggunakan On-Screen Keyboard
Cara Menulis Huruf Arab di Microsoft Word Windows 8

Untuk angka arab cara-nya :

1. Klik File
2. Options
3. Pilih advanced
4. scroll layar ke bawah cari bacaan show document content, numeralnya di ganti context
6. terakhir ok, selesai deh
cara menulis huruf arab di ms word windows 8

Video Cara Menulis Huruf Arab di Microsoft Word Windows 8

Tambahan : Disini bukan hanya bisa menulis di ms word saja loh, tapi semua tempat yg bisa untuk menulis termasuk facebook, twitter, blog, dll juga bisa, untuk mngembalikan bahasa seperti  semula tinggal diubah aja ke default dri menu toolbar. Sekian dulu dari saya mohon maaf kalo ada yg salah. 
SELAMAT MENCOBA

Thanks for reading & sharing NgahUlum

Previous
« Prev Post

41 komentar:

  1. Replies
    1. sama2 mas gan, makash atas kunjungannya

      Delete
  2. Replies
    1. silahkan mas gan, semoga bermanfaat

      Delete
  3. untuk angka tidak bisa om. kira-kira di mana salahnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lihat tutorial terkahir mas gan :)

      Delete
  4. Mantap gan hehehehehe

    ReplyDelete
  5. sukses gan....makasih pengetahuan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan sama2, makasih sudah [m̲̅][a̲̅][u̲̅] berkunjung

      Delete
  6. terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  7. Wah ! sangat membantu, ini bisa untuk terjemahan ketika kita mengetik b.indo jadi muncul b.arab gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa mas gan, kita hanya bisa menulis huruf aja bukan untuk terjemahan

      Delete
  8. gan ada yg buat ms 2013 ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. tutorial ini emg ane pake di ms word 2013 gan,

      Delete
    2. itu haris alfarisi saya gan yg anonymous yg saya blang:gan ada yg buat ms 2013 ga,ok gan.THANKS GAN

      Delete
    3. iya gan sama2, tq atas kunjungannya semoga makin pinter blajar nulis arab nya.

      Delete
  9. useful info and add insight .. thanks but science

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan sama2, makash atas kunjungannya

      Delete
  10. Bagus gan!!
    Terimakasih gan atas ilmunya!
    Sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  11. Terimakasih tutorialnya
    Sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  12. Thanks ya tips nya, mudah di pahami

    ReplyDelete
  13. شكرن
    udah beroprasi... makasih banyak admin

    ReplyDelete

Komentarlah dengan BAIK dan SOPAN.
Terima Kasih Sudah Berkomentar

Artikel Terbaru

Recent Posts Widget